PkM WHN : Penyuluhan Tentang Gizi Ibu Menyusui

Gizi seimbang penting bagi ibu menyusui karena sangat erat kaitannya dengan produksi air susu. Pemenuhan gizi yang baik akan berpengaruh terhadap status gizi ibu menyusui dan tumbuh kembang bayinya. Konsep tentang sehat-sakit, makanan-minuman yang baik untuk kesehatan, kepercayaan dan pantangan, di satu lain bisa menjadi penghalang namun di sisi lain bisa menjadi potensi untuk mengatasi permasalahan kesehatan

Kebutuhan gizi pada ibu yang mengandung dan menyusui harus di pertimbangkan dalam hubungannya dengan gizi anak sebelum lahir dan sewaktu bayi. Gizi ibu menyusui penting untuk memulihkan kondisi ibu pasca persalinan dan gizi ibu menyusui penting untuk produksi ASI. Ibu menyusui memerlukan tambahan zat gizi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI dan untuk yang akan disimpan dalam ASI ibu sendiri.  Dampak negatif jika gizi pada ibu menyusui tidak mencukupi berpengaruh pada status gizi dan kesehatan ibu, serta menyebabkan ASI yang dihasilkan sangat rendah kualitasnya. Di indonesia banyak budaya serta adat istiadat dimasyarakat yang sudah turun temurun. Diantara banyaknya tradisi dan adat istiadat suatu daerah terdapat banyak mitos mengenai larangan atau anjuran kepada ibu yang sedang melahirkan, menyusui dan ibu nifas. Mitos tersebut tidak selalu benar pada kenyataannya. Banyak mitos yang beredar dimasyarakat yang tidak memiliki alasan yang kuat berdasarkan ilmu kesehatan. Terutama gizi pada ibu menyusui, dimana terdapat banyak mitos seputar makanan yang di larang atau dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui bayinya. Melihat keadaan tersebut, perlu dilakukan pembenaran atas mitos-mitos yang sudah ada pada masyarakat. Perlu dilihat dari segi ilmu kesehatan, gizi ibu menyusui dan faktor-faktor yang menguatkan bahwa mitos tersebut benar atau malah akan berdampak buruk bagi ibu maupun bayi.

Hal inilah yang menjadi point utama mengapa dilakukan penyuluhan ini,  pihak kampus WHN, yang diwakili oleh pihak dosen Bpk. Abdul Aziz, S.Pd, SH., M.Pd sebagai dosen Ketua Tim Pengusul dan anggotanya Ibu Puji Astutik, SST., M.M.

Kegiatan yang telah menjadi kegitan rutin untuk para mahasiswa senior dan dosen ini memiliki targhet yaitu Memberikan pengetahuan tambahan yaitu gizi ibu menyusui. Manfaat yang diharapkan adalah meningkatnya pengetahuan dan wawasan sehingga memacu peningkatan, pemahaman dan ketrampilan masyarakat.

Adapun pada kegiatan ini yang beranggotakan para mahasiswa yang diwakili oleh Anis Setyowati, Anita Suryani Mila, Arie Falya Putri, Asnat Ira Sandy Tombo, Asri Wandari yang di selenggarakan di Kelurahan Desa Pandesari   Kabupaten Malang  pada tanggal 17 Oktober 2020. Kegiatan berjalan lancara dan maksimal dengan antusiasme para peserta yang berjumlah kuranglebih 20 orang.