PkM WHN : Penyuluhan Perawatan Payudara pada Masa Kehamilan

Perawatan payudara selama hamil (Prenatal Breast Care) adalah perlakuan yang diberikan kepada payudara untuk persiapan menyusui dengan tujuan memudahkan bayi menghisap ASI, untuk menjaga kesehatan payudara, sehingga mencegah gangguan yang bisa timbul selama menyusui (Manuaba, 2010). Perawatan payudara merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya, hal ini dikarenakan payudara merupakan organ esensial Jurnal Keperawatan, penghasil ASI yaitu makanan pokok bayi baru lahir sehingga perawatannya harus dilakukan sedini mungkin. Sebagian besar para ibu hamil tidak melakukan perawatan payudara karena kurangnya pengetahuan dalam perawatan payudara itu sendiri, kurangnya infomasi tentang perawatan payudara seperti putting susu tidak menonjol, atau datar, karena keadaan buah dada khususnya puting susu merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses laktasi, kurangnya kesadaran para ibu akan pentingnya perawatan payudara selama kehamilan, tidak adanya dukungan dari keluarga untuk melakukan perawatan payudara sejak masa kehamilan, dan belum diberikannya pendidikan kesehatan oleh petugas kesehatan tentang perawatan payudara selama kehamilan.

Ibu-ibu membutuhkan bantuan dan informasi serta dukungan dari segala pihak agar merawat payudara pada saat hamil untuk mempersiapkan ASI pada saat melahirkan sehingga menambah keyakinan bahwa mereka dapat menyusui bayinya dengan baik dan mengetahui fungsi dan manfaat perawatan payudara pada saat hamil. Bidan sebagai petugas kesehatan dituntut kemampuannya untuk ikut bertanggungjawab dalam melaksanakan upaya peningkatan dan penggunaan air susu Ibu (ASI). Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak melalui program pemasyarakatan ASI, maka perawat juga dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen laktasi. Hal ini berarti perawat harus mampu berperan sebagai pendukung dan inovator yang akan membentuk perilaku masyarakat dalam mengembangkan kesehatan pada umumnya dan penggunaan ASI pada khususnya.

Disinilah Program penyuluhan ini bertujuan yaitu Memberikan pengetahuan tambahan mengenai perawatan payudara pada ibu hamil sertab Manfaat yang diharapkan adalah meningkatnya pengetahuan dan wawasan sehingga memacu peningkatan, pemahaman dan ketrampilan masyarakat.

Penyuluhan dilaksanakan di Kelurahan Desa Tawangmangu Kecamatan Pujon KabupatenMalang oleh Dosen Program Studi D-III Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang, Kader Desa Tawangmangu dan Mahasiswa Tingkat Akhir pada hari Kamis, 09 November 2020 pukul 15.00 WIB , Selama penyuluhan belangsung, para peserta berjumlah 30 orang dari warga Tawangmangu.  Dengan para panitia pelaksanaan dari Wira Husada Nusantara sebagai berikut Retno Rahayu, S.ST., M.M., Donna Dwinita Adelia MMRS., Intan Rambu Kaita, Livianti, Maria Apolonia Kali G, Maria Marsela A., Melsy Astria Wulandari. Untuk rencana kedepannya melakukan kunjungan akhir terhadap warga Desa Tawangmangu dengan melakukan kunjungan rumah dan dijadikan bahan ajar untuk mahasiswa bahwa pentingnya sebuah penyuluhan dan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.