Kegiatan Vaksin Covid Massal

Hingga saat ini, pemberian vaksin Covid 19 menjadi solusi yang dinilai paling tepat untuk menahan laju naiknya jumlah kasus Covid 19. Walaupun demikian seiring berjalannya waktu, vaksin tetap diteliti oleh pemerintah dan berbagai lembaga terkait. Langkah tersebut dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk   memastikan bahwa Vaksin Covid 19 yang disediakan layak digunakan. Dan perlu diingat, bahwa upaya pencegahan Covid 19 bukan hanya Vaksin saja akan tetapi harus dengan mematuhi protokol kesehatan, misalnya dengan memakai masker, selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan menghindarin kerumunan.

Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa kelompok yang termasuk prioritas vaksin Covid-19:

  • Tenaga kesehatan yang memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi dan menularkan Covid-19
  • Orang dengan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi tertular dan menularkan Covid-19 karena tidak dapat melakukan jaga jarak secara efektif, seperti anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya
  • Orang yang memiliki penyakit penyerta dengan risiko kematian tinggi bila terkena Covid-19
  • Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin Covid-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin Covid-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus Covid-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia.

Kegiatan Vaksinasi digalakan pemerintah bekerja sama dengan berbagai organisasi dan lembaga, salah satunya kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten malang, UPT Puskesmas Karangploso. Kegiatan Vaksinasi untuk masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2021 sampai dengan 07 Agustus 2021 pukul 08.00 – 12.00 WIB di Balai Desa Donowarih. Terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari partisipasi para mahasiswa Poltekkes Wira Husada Nusantara Malang untuk membantu selama kegiatan.

Vaksin Covid 19 sangatlah bermanfaat, bagi diri sendiri maupun oprang lain. Guna menanggulangi Pandemi Covid 19, vaksin Covid aman dan halal.

Terlepas adri berbagai resiko atau efek yang ditimbulkan, vaksinasi meruipakan prosedur yang aman. Jikalau terjadi efek Pasca Imunisasi itu tergantung dari berbagai faktor. Misalnya kondisi dan kesehatan seseorang serta proses vaksinasi itu sendiri. Resiko munculnya efek pasca imunisasi lebih ringan dibanding dengan resiko terjangkitnya Covid 19