PkM WHN : Penyuluhan Tentang Senam Hamil

Senam hamil (prenatal) merupakan terapi latihan berupa aktivitas atau gerak yang diberikan pada ibu hamil untuk mempersiapkan diri, baik persiapan fisik maupun psikologis untuk menjaga keadaan ibu dan bayi tetap sehat (Widianti, 2010).

 Senam hamil merupakan sebuah latihan gerak untuk mempersiapkan ibu secara fisik dan psikologis saat persalinan (Indarti, 2008). Menurut Arief (2008), senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman, dan spontan.

Bagi ibu hamil yang baru pertama kali hamil (primigravida) atau sudah pernah hamil (multigravida), sangat disarankan mengikuti program senam hamil demi kesehatan ibu dan janin (Indivara, 2009).  Dilihat dari banyaknya pengertian senam hamil dari berbagai sumber, maka senam hamil dapat dirangkum sebagai latihan gerak yang berguna untuk mempersiapkan 11 kesehatan ibu dan janin dalam menghadapi persalinan yang cepat, aman, dan spontan.  Dengan diadakannya penyuluhan tentang pentingnya senam hamil  pada balita maka diharapkan para ibu hamil bisa lebih memahami senam hamil dan menumbuhkan kesadaran untuk lebih aktif dalam melakukan senam hamil  pada pada ibu hamil . Selain itu manfaat yang diharapkan adalah meningkatnya pengetahuan dan wawasan sehingga memacu peningkatan, pemahaman dan ketrampilan masyarakat. Rencana selanjutnya penyuluhan ini akan diadakan setiap tahun.

Penyelenggara penyuluhan dilakukan di Desa karanganyar Poncokusumo. Pada hari Sabtu, 16 Desember 2020. Dihadiri oleh 20 orang peserta dari masyarakat dan 7 perwakilan dari kampus WHN, Dr Ariani , Sp,A.,Rokhamah,SST.,M.Pd., Diniati kadia seli, Emilia abuk seran, Emilia, Endang winarsih, Ernesta hangar, selama jalannya penyuluhan tersebut antusiasme para peserta sangat besar. Sehingga bisa disimpulkan bahwasannyaacara tersebut sukses dan maksimal.