PkM WHN : Penyuluhan tentang Pentingnya Menjaga Asupan Gizi pada Ibu Hamil

Kekurangan gizi pada ibu hamil juga masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus.kurang asupan zat Besi pada perempuan, khususnya ibu hamil dapat menyebabkan anemia yang akan menambah resiko perdarahan dan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. selain penanganan masalah kehamilan dan komplikasi yang menyertainya, perlu diupayakan peningkatan kualitas bayi yang akan dilahirkan, melalui kegiatan brain booster meliputi stimulasi otak, janin, dan asupan gizi seimbang pada ibu hamil.

Cara mendapatkan gizi seimbang saat kehamilan:

  • Makanlah dengan pola gizi seimbang dan bervariasi, 1 porsi lebih banyak dari sebelum hamil
  • Tidak ada pantangan makanan selama hamil
  • Cukupi kebutuhan air minum pada saat hamil (10 gelas / hari)
  • Jika mual, muntah dan tidak nafsu makan maka pilihlah makanan yang tidak berlemak dalam porsi kecil tapi sering. Seperti buah, roti, singkong dan biskuit.

Berdasarkan analisa awal yang telah dilakukan di Desa Jambesari  didapatkan beberapa permasalahan yakni ketidaktahuan tentang gizi ibu hamil . Metode yang digunakan dalam Ipteks bagi Masyarakat ini adalah penyuluhan baik dengan ceramah maupun demonstrasi. Kegiatan di mulai dengan pemberian materi dalam bentuk ceramah kemudian dilakukan praktek dengan dipandu dan dilakukan evaluasi. Harapan target yang dicapai adalah semua lapisan masyarakat dapat mengikuti dan memahami penyuluhan ini.

Hasil akhir yang dicapai adalah semua lapisan masyarakat tahu tentang berbagai alat kontrasepsi dan dapat meningkatkan kualitas gizi ibu hamil . Dari sini terlihat bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat

Kegiatan berlangsung lancar, semangat peserta dengan jumlah 20 orang warga dan 7 orang dari Kampus Wira HUsada Nusantara yang hadir dalam acara penyuluhan yang diadakan di Balai Desa Jambesai Kecamatan Poncokusumo pada tanggal 11 mei 2021. dari pihak kampus anatara lain, Susana setyowati,SST.,M.P.H,  Emi Setyowati  , S.ST., M.M, Jeniwati Meti Bili, Joeniani Bali Ate, Kristina Ambu Kaka, Lonisari Mojuriwa, Magdalena Imelda R H. Untuk rencana berikutnya  Melakukan kunjungan akhir terhadap warga Desa jambesari dengan melakukan kunjungan rumah dan dijadikan bahan ajar untuk mahasiswa bahwa pentingnya sebuah penyuluhan dan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.