PkM WHN : Penyuluhan Kesehatan tentang Pasien Ibu Nifas

Masa nifas adalah masa setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu. Periode masa nifas (puerperium) adalah periode waktu selama 6-8 minggu setelah persalinan. Periode pasca partum adalah masa dari kelahiran plasenta dan selaput janin (menandakan akhir periode intrapartum) hingga kembalinya traktus reproduksi wanita pada kondisi tidak hamil. Komplikasi masa nifas adalah keadaan abnormal pada masa nifas yang disebabkan oleh masuknya kuman-kuman ke dalam alat genetalia pada waktu persalinan dan nifas serta tanda perdarahan,eklamsia,infeksi, ganguan BAK serta Post Partum Blues (Pradwiroharjo, 2009).  Metode yang digunakan dalam Ipteks bagi Masyarakat ini adalah penyuluhan baik dengan ceramah maupun demonstrasi. Kegiatan di mulai dengan pemberian materi dalam bentuk ceramah kemudian dilakukan praktek dengan dipandu dan dilakukan evaluasi. Harapan target yang dicapai adalah semua lapisan masyarakat dapat mengikuti penyuluhan ini.

Hasil akhir yang dicapai semua lapisan masyarakat tahu tentang alat kontrasepsi yang benar serta dapat menindaklanjuti. Dari sini terlihat bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Randu Agung singosari pada Tanggal 16 Mei 2021 ini dihadiri oleh 30 warga masyarakat dan 7 orang dari Wira HUsada Nusantara sebagai pelaksana penyuluhan. Yang terdiri dari okhamah,SST.,M.Pd, Dr Ariani , Sp,A Neila milata Azhar, Nur Islamiyati sahid, Nur Ulfa fatukulaba, Rahmi Utami, Rosdiana bela W.