PkM WHN : Penyuluhan tentang Pentingnya ANC Terpadu

Kegiatan penyuluhan merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela guna bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Penyuluhan tentang ANC Terpadu pada kehamilan. Dengan melakukan kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara berkelompok. Peran petugas kesehatan sangat diprioritaskan guna mendukung kegiatan ini.

pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada semua ibu hamil. Dengan tujuan umum Untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat.

 Indikator yang digunakan untuk menggambarkan akses ibu hamil terhadapa pelayanan antenatal adalah cakupan K1-kontak pertama dan K4-kontak 4 kali dengan tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi, sesuai standar. Secara nasional angka Ckupan pelayanan antenatal saat ini sudah tinggi, K1 mencapai 94,24% dan K4 84,36 % (data kementrian kesehatan, 2009). Walaupun demikian, masih terdapat disparitas antar propinsi dan antar kabupaten atau kota yang variasinya cukup besar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2021 di Balai Desa Karangnongko, pada pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh 20 peserta dan beberapa perwakilan civitas akademika dari Poltekkes WHN, Donna Dwinita Adelia, MMRS., Retno Rahayu , S.ST., Nada zafirah, Yani D Ranglalin, Nuria sumarni rtukloi, Martina lay, Sany Kurnia Afitu.

Penyuluhan tersebut memiliki target Melakukan kunjungan akhir terhadap warga Desa Karangnongko dengan melakukan kunjungan rumah dan dijadikan bahan ajar untuk mahasiswa bahwa pentingnya sebuah penyuluhan dan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.